Selamat membaca
Review Asus EeePC VX6
semoga bermanfaat
Blog ini rifro dedikasikan untuk temen-temen yang sedang mencari Tutorial, Tips dan Info-info seputar Teknologi Terbaru. IT Perkantoran dan umum juga menjadi fokus blog ruumit.
Seluruh artikel yang ada silahkan anda copy dan bagikan, namun jangan lupa tetap menjaga kode etik untuk mencantumkan sumbernya.

Review Asus EeePC VX6

Ikuti review Tambah.info ini untuk melihat notebook paling ganteng yang bisa dibeli diharga Rp.5jt-an. Untuk penggemar mobil, tawaran ini mungkin tidak bisa ditahan.
ASUS EeePC VX6 yang diperkenalkan oleh pihak ASUS Indonesia pada bulan Desember 2010. Desainnya mengacu ke mobil Lamborghini MurciƩlago LP640 Roadster lengkap dengan suara mesin mobil menderung saat kita pertama kali menyalakan notebook ini. Kami bersemangat untuk mengetahui lebih banyak tentang VX6 ini karena harganya "hanya" Rp. 5 - 6 jt untuk sebuah gabungan spesifikasi notebook gabungan Intel Atom dengan graphics NVIDIA ION2 yang menjanjikan dan sebuah desain yang ekslusif dari pabrik mobil ternama.
ASUS EeePC VX6
Saat review ini disusun ada cukup banyak pilihan notebook layar 11.6 atau 12 inci yang bisa kita beli dipasaran. Notebook dengan prosessor Intel Atom D525 dan NVIDIA ION 2 seperti VX6 hanya satu satunya dipasaran, sementara hampir semua model lainnya adalah menggunakan prosessor AMD Fusion E-350 dengan integrated graphics AMD Radeon HD 6250. Sebut saja ada model ASUS EeePC 1215P, DELL Inspiron M102Z, HP Pavillion dm1, Sony VAIO YB Series, Toshiba NB550D, dan beberapa merek lainnya. Masih ada satu merk notebook gaming 11.6 inci ( Alienware M11x ) yang harganya 3 x lipat sehingga tidak masuk kategori yang sama.
ASUS EeePC VX6
Model dengan prosessor AMD ini mulai dijual pada awal tahun 2011 ( setelah EeePC VX6 diumumkan ). Kecepatan graphics notebook AMD cukup baik mendekati hasil benchmark VX6 ( ikuti artikel review ini untuk data lengkap ), dengan ketahanan baterai yang sama baik, serta harga yang lebih murah. Lalu apa jika demikian apa kelebihan ASUS VX6 ini sehingga patut dipertimbangkan untuk kita beli? Ternyata setelah Tambah.info teliti, alasan untuk membeli model ini tidak bisa dibilang sedikit. Mari kita mulai dengan review kita.

Desain Pertama Harga Kedua

Beberapa kelas notebook dibuat dengan desain untuk memaksimalkan fungsi dengan target harga jual serendah mungkin. Ada juga kelas notebook yang didesain untuk memaksimalkan fungsi dan penampilan dengan harga jual yang lebih tinggi. ASUS EeePC VX6 dibuat untuk kelas yang kedua. Tambah.info bisa melihat bahwa casing dari notebook ini memang dibuat khusus untuk menampilkan kesan sportif mobil Lamborhini MurciƩlago. Silahkan lihat gambar gambarnya untuk bisa mengapresiasi desain yang telah ditampilkan oleh pihak ASUS maupun oleh pihak Lamborghini.
ASUS EeePC VX6
ASUS EeePC VX6 ASUS EeePC VX6
Lekukan
Logo Lamborghini

VX6 hadir dengan dua pilihan warna Hitam dan Putih. Kebetulan unit review kami berwarna Hitam. Logo Automobili Lomborghini pada bagian tengah cover menonjol untuk menunjukan identitas notebook ini untuk setiap orang disekelilingnya.
ASUS memberikan perhatian yang cukup pada detail notebook ini. Bila kita perhatikan hampir disetiap sisi terdapat lekukan yang manis dilihat, termasuk juga bagian bawah notebook.
ASUS EeePC VX6 ASUS EeePC VX6
Bagian bawah notebook
Terdapat lekukan
"Brumm Brumm" suara mesin mobil bertenaga besar terdengar saat kita menekan tombol power. Tunggu dulu... apakah kita ini menyalakan sebuah notebook atau menyalakan sebuah mobil? Ini adalah contoh dari sentuhan yang dibuat oleh ASUS dan Lamborghini untuk VX6 ini.
ASUS EeePC VX6 ASUS EeePC VX6
Cover
Tampak Depan
ASUS EeePC VX6 ASUS EeePC VX6
Bagian kiri terdapat LAN, 2 USB 3.0 dan Audio slot
Bagian Kanan terdapat VGA, HDMI, USB 2.0 dan SD Card

Kenyamanan

Suatu hal yang mutlak bagi kita yang ingin membeli sebuah notebook untuk memikirkan kenyamanan. Kita menimbang nimbang ukuran, berat, panas notebook, hingga kenyamanan keyboard dan touchpad. Berikut adalah laporan kami untuk aspek kenyamanan VX6 :
  • Layar 12 inci itu walaupun hanya berbeda 1 cm dengan layar 11.6 inci, perbedaannya cukup terasa.
  • Layar 12 inci VX6 mempunyai kualitas seperti ASUS EeePC lainnya. Tidak ada yang spesial.
  • Keyboard yang digunakan adalah keyboard yang biasa terpasang di notebook ASUS EeePC 12 inci lainnya. Keyboardnya dengan bentuk chicklet. Kenyamanannya cukup walaupun masih ada notebook lain dengan keyboard lebih nyaman.
  • Touchpad VX6 sangat nyaman. Dari segi pemakaian, sensitifitas, dan keempukan tombol kiri dan kanan, touchpad ini adalah salah satu touchpad yang paling nyaman yang pernah dipakai oleh Tambah.info
  • Palmrest nyaman. Finishing pada palmrest adalah dof sehingga tidak terasa licin ataupun mudah kotor. Palmrest suhunya stabil dan menjadi sedikit hangat setelah pemakaian lama.
ASUS EeePC VX6
ASUS EeePC VX6 ASUS EeePC VX6
Tombol keyboard
Klik kanan dan kiri
ASUS EeePC VX6 ASUS EeePC VX6
TouchPad
Palmrest

Tata suara Bang Olufsen

Tata suara serta speaker ICE Power Bang Olufsen seperti yang di gunakan pada model ASUS N43JF dan ASUS NX90JQ hadir mengisi model ini. Hasilnya suara yang dikeluarkan notebook ini jelas diatas notebook rata rata. Lebih banyak detail suara yang bisa muncul dengan tatasuara di VX6 ini.

Tidak Hanya Satu USB 3.0 Tapi Dua!

Kebanyakan notebook diatas harga Rp. 6jt sudah dilengkapi dengan sebuah port USB 3.0. Generasi pelanjut port USB 2.0 ini bisa memberikan kecepatan hingga 50% lebih cepat untuk transfer data dari hard disk internal ke sebuah hard disk eksternal. Nah EeePC VX6 dilengkapi tidak hanya satu port, tapi dua port USB 3.0. Kita yang bekerja dengan banyak data akan bisa mengambil keuntungan dari konfigurasi ini. Bayangkan kita bisa memindahkan data lebih cepat antar dua buah eksternal hard disk USB 3.0. Bila notebook kita hanya mempunyai satu USB 3.0, maka kecepatan transfer akan tercekik ketika melewati port USB 2.0.
Tambah.info ingin tahu penghematan waktu kopi file antar dua eksternal hard disk bila keduanya menggunakan port USB 3.0 dibandingkan jika salah satu portnya terpaksa menggunakan port USB 2.0. Berikut hasil pengujiannya.
Melakukan Transfer data 5.13GB
Kecepatan transfer Waktu ( detik )
Antar dua eksternal USB 3.0
2 menit 54 detik
Antar satu USB 3.0 dan satu USB 2.0
4 menit 33 detik
Jadi masuk akal untuk membeli notebook dengan lebih dari dua buah port USB 3.0. Kedepan semua eksternal hard disk akan bekerja dengan standard kecepatan USB 3.0. Proses kopi data antar dua port USB 3.0 pada pengujian kita kali ini adalah 50% lebih cepat dibanding proses kopi antar sebuah port USB 3.0 ke port USB 2.0.

Performance Game

Bermain game 3Dimensi kelas menengah dan memutar filem Full HD dapat dilaksanakan dengan baik oleh ASUS EeePC VX6. Perlu diperhatikan bahwa model ini mengadopsi teknologi graphics switching NVIDIA Optimus. Kita harus mendaftarkan aplikasi yang ingin kita jalankan dengan dedicated graphics NVIDIA ION2 di control panel software NVIDIA yang sudah terinstall di unit notebook. Bila kita tidak melakukan pendaftaran itu, maka kartu grafis ION2 tidak aktif dan performa gaming akan menggunakan integrated graphics Intel yang sangat pelan.
Seperti biasa kami mencoba model ini dengan 2 game, PES 2011 dan Resident Evil 5. Game PES 2011 dapat berjalan lancar tanpa hambatan dengan syarat kita harus menurunkan kualitas gambar hingga ke low.
ASUS EeePC VX6 ASUS EeePC VX6
Spesifikasi PES 2011
Display PES 2011
Untuk Resident Evil 5 game berjalan cukup lancar. Dalam keadaan kita dikepung oleh para zombie, notebook ini tetap dapat berjalan normal. Ada sedikit perbedaan dari benchmark Residen Evil 5 di ASUS EeePC VX6. Biasa nya resolusi layar yang di gunakan 1366 x 768 namun pada model ini benchmark hanya bisa berjalan di resolusi 1280 x 768. Hasilnya sebagai berikut :
ASUS EeePC VX6
Kami mencoba memutar filem Full HD dengan bantuan media Splayer. Beban prosessor adalah dibawah 30% ketika komputer hanya digunakan untuk memutar film. Ini merupakan pertanda yang baik karena artinya kita masih bisa menjalankan aplikasi lain tanpa mengganggu kelancaran pemutaran film.
ASUS EeePC VX6 ASUS EeePC VX6
Kinerja Processor pada saat berjalan dengan applikasi lain
Applikasi yang terbuka

Baterai 4 Jam 45 Menit

Baterai yang digunakan ASUS EeePC VX6 memiliki kapasitas yang cukup besar 6 cell 5200mAh 56Wh. Seperti biasanya kami melakukan pengujian dengan beberapa standar:
  1. Setting baterai notebook diatur menjadi Power Saving
  2. Setting kecerahan layar diatur di 30 %
  3. Setting layar tetap menyala selalu, mode sleep juga kami tiadakan.
  4. Kami memutar film berformat WMV HD berulang ulang hingga notebook mati
  5. Sambil memutar film kami juga melakukan download data yang besar
ASUS EeePC VX6
Hasilnya ASUS EeePC VX6 mampu bertahan hingga 4 jam 45 menit. Jadi kita bisa bekerja di luar kantor setelah makan siang hingga jam 5 sore tanpa harus mencari colokan listrik.

Spesifikasi

Spesifikasi Singkat Notebook ASUS EeePC
Model ASUS EeePC VX6
Fitur Khusus
Nvidia Optimus ION2
ICE Power
2 buah port USB 3.0
Warna
Hitam atau Putih
Layar
12 inci 1366 x 768
Dimensions
297 x 204 x 28.6 mm
Berat
1.5 kg
Baterai
6 cell 5200mAh klaim 5.5 jam
Processor
Intel Atom D525 Dual Core
1.8 Ghz , 1 MB Cache
Graphics
NVIDIA ION 2 with 512MB
HDD
320 GB 2.5 inch 5400 rpm
Memory / Max.
2 GB / 4 GB DDR3.
Wireless
802.11 b/g/n
OS
Windows 7 Home Premium
Chipset
Intel NM10 Express Chipset
Bluetooth
Integrated Bluetooth 3.0
Webcam
1.3 Mega Pixel
USB 3.0
2 slot
USB 2.0
1 slot
HDMI
Ada
eSATA
Tidak Ada
Warranty
2 Tahun Internasional
Harga Rp 6.054.000
Link Spec Lengkap | Foto Galery
Link Cari Penjual

Keunggulan

  • Desain yang spesial memberikan kita sebuah notebook yang tampil gagah dan tidak seperti kebanyakan notebook.
  • Tata suara dan speaker ICE Power Bang Olufsen menghasilkan suara yang nyaman dan diatas rata rata.
  • Memiliki 2 slot USB 3.0 untuk kecepatan kopi data yang maksimum antar peralatan USB 3.0
  • Memory mudah diupgrade dengan tersedianya 2 slot memory untuk kapasitas maksimal 4 GB DDR3.
  • Touchpad nyaman.

Kekurangan

  • Layar dan keyboard tidak berbeda dengan model EeePC 12 inci lainnya. Bila mereka lebih spesial, maka akan lebih mudah lagi untuk menjustifikasikan pembelian model ini sekalipun harganya mungkin meningkat.

Kesimpulan

Tidak ada yang bisa menyaingi ASUS EeePC VX6 dari segi penampilan sportifnya. Model ini lebih tinggi harganya dari pesaing dengan alasan yang jelas.

sumber : tambah.info

0 komentar

Silahkan Beri Komentar Saudara...

Artikel Terbaru

Artikel Acak

Powered by: Blogger

Buku Tamu