Selamat membaca
Mengenal Fungsi SQL Pada Variabel Siadpa Tools
semoga bermanfaat
Blog ini rifro dedikasikan untuk temen-temen yang sedang mencari Tutorial, Tips dan Info-info seputar Teknologi Terbaru. IT Perkantoran dan umum juga menjadi fokus blog ruumit.
Seluruh artikel yang ada silahkan anda copy dan bagikan, namun jangan lupa tetap menjaga kode etik untuk mencantumkan sumbernya.

Mengenal Fungsi SQL Pada Variabel Siadpa Tools

Variabel atau fungsi adalah komponen yang mengatur komunikasi data antara aplikasi Siadpa dengan Tabel-tabel yang ada di dalam Database Server. Variabel  atau fungsi berperan mengatur dan menganalisa suatu data mulai dari proses pencarian, editing sampai pada proses penyimpanan. Oleh karena pentingnya peran komponen ini, maka sebelum lebih jauh kita mengoperasikan dan mengotak-atik SIADPA yang ada, perlu kita pahami bagaimana manajemen suatu fungsi. Di dalam SIADPA ada 16 model atau macam fungsi dari Variabel tersebut. Fungsi ini dapat kita temui ketika kita mengedit atau akan membuat variabel baru.

Adapun Fungsi-fungsi tersebut antara lain : Teks Biasa, Tanya Jawab, Paragraph (teks), Bullet dan seterusnya. Penulis rasa temen-temen sudah mengerti dan bisa mengaplikasan fungsi-fungsi tersebut. Akan tetapi ada satu fungsi yang sekiranya memerlukan pengetahuan lebih lanjut. yaitu Fungsi SQL (Structured Query Language).

Apa Itu SQL dan Macam-macamnya
Bahasa SQL ini dapat kita pelajari dari buku-buku SQL yang sudah banyak beredar di pasaran. Karena database server yang digunakan di sini adalah Microsoft SQL Server, maka lebih baik apabila kita mempelajari SQL untuk Microsoft SQL Server.
Dengan SQL, kita dapat mengatur data-data yang diambil dari database dengan SQL sesuai dengan kehendak kita, tentunya dengan memanfaatkan kelebihan-kelebihan SQL. Fungsi model ini memiliki 3 SQL untuk pengolahan datanya, yaitu SQL Load, SQL Preview, dan SQL Save.
1. SQL Load (harus ada)
Yaitu berisi syntax SQL yang digunakan untuk mengambil data dari database, sesuai yang dikehendaki
2. SQL Preview (boleh tidak ada)
Berisi syntax SQL yang digunakan untuk menampilkan data ke dalam preview dokumen, jika data yang akan dimasukkan ke preview dokumen sama dengan data yang dihasilkan oleh SQL Load, bagian ini dapat kita kosongkan .
3. SQL Save (boleh tidak ada)
Berisi syntax SQL yang digunakan untuk menyimpan data ke dalam database sesuai yang dikehendaki. Jika data tidak disimpan , bagian ini dapat kita kosongkan.

Agar SQL dapat berkomunikasi dengan data atau sistem SIADPA, maka disediakan beberapa parameter untuk digunakan dalam ke 3 syntax SQL tersebut diatas :
  • NoPerk : Nomor perkara yang sedang dipilih / diolah
  • Tingkat : Tingkat perkara
  • TglSidang : Tanggal sidang yang sedang dipilih
  • Ruangsidang : Ruang sidang yang sedang dipilih operator
  • JenisPerk : Jenis perkara yang sedang aktif / diolah, misalnya : Permohonan Cerai Talak, atau yang lain
  • Prodeo : Apakah perkara yang sedang diolah atau dipilih prodeo atau tidak
  • KodePerk : Kode perkara yang sedang aktif / diolah, misal : CT Ghoib, CT Umum dll
  • KetPerk : Keterangan perkara yang dipilih
  • RelaasKe : Relaas keberapa yang sedang dibuat
  • SidangKe : Sidang keberapa yang sedang dipilih
  • KuasaPe : Kuasa Pe Keberapa yang sedang dipilih
  • KuasaTer : Kuasa Ter keberapa yang sedang dipilih
  • GlobalPeTer : Apakah dokumen yang sedang aktif untuk Pe atau untuk Ter
 demikian sedikit pengantar untuk kita memahami lebih lanjut mengenai fungsi SQL pada aplikasi SIADPA. semoga bermanfaat.

1 komentar

Cah QeeNee said...

mantap nih....
orang kampung seperti saya jadi lebih tau tentang sql :-D

Sekalian mau tanya atau bisa dibilang usul agar dituliskan artikel ttg: bagaimana cara agar siadpa bisa diakses menggunakan wifi. perangkat minimal apa saja yang diperlukan? dan jika mengunakan windows server 2003 bagaimana konfigurasinya??

Terima kasih

Silahkan Beri Komentar Saudara...

Artikel Terbaru

Artikel Acak

Powered by: Blogger

Buku Tamu