Selamat membaca
Tutorial Install Wordpress Di Komputer Sendiri
semoga bermanfaat
Blog ini rifro dedikasikan untuk temen-temen yang sedang mencari Tutorial, Tips dan Info-info seputar Teknologi Terbaru. IT Perkantoran dan umum juga menjadi fokus blog ruumit.
Seluruh artikel yang ada silahkan anda copy dan bagikan, namun jangan lupa tetap menjaga kode etik untuk mencantumkan sumbernya.

Tutorial Install Wordpress Di Komputer Sendiri

Salah satu CMS (Content Management System) yang mudah digunakan (User Friendly) adalah Wordpress. CMS yang memiliki kelebihan SEO Friendly dibandingkan CMS yang lainnya, mudah manajemennya dan tidak besar kapasitas filenya apabila diletakkan pada Hosting Cpanel.
Namun sebelum kita memulai membuat website berbasis Wordpress pada Hosting berbayar kita, alangkah baiknya kita mencoba mengotak-atik pada server lokal (localhost) komputer kita sendiri. Kelebihan localhost adalah kita tidak memerlukan koneksi internet untuk dapat mengakses wordpress yang kita install. Cukup mudah dan sederhana langkah-langkahnya, yaitu :
1. Kita install dahulu software XAMPP di komputer kita. Jika belum punya silahkan download di URL : http://nchc.dl.sourceforge.net/project/xampp/XAMPP%20Windows/1.7.7/xampp-win32-1.7.7-VC9-installer.exe
Atur Destination folder : c kemudian klik Next
2. Kemudian centanglah Apache, MySQL, dan FileZilla, kemudian klik tombol Install dan tunggu beberapa saat hingga selesai

3. Apabila telah selesai maka akan muncul Kotak Control Panel xampp seperti dibawah ini

4. Langkah selanjutnya adalah kita Install Wordpress. Yaitu pertama-tama kita Extract file wordpress yang sudah kita download dari URL : http://wordpress.org/download/
Maka ada kita dapati Folder "wordpress". Kemudian Seluruh isi folder wordpress ini kita copy pastekan ke direktori C:\xampp\htdocs.

5. Sebelum lebih lanjut kita install wordpress, maka kita ciptakan dahulu database pada server localhost kita, dengan cara, Buka browser kesayangan kemudian ketikkan pada address bar : http://localhost/phpmyadmin/
misalkan kita buat database dengan nama : mtk , kemudian klik tombol ciptakan
6. Langkah selanjutnya kita rename folder "wordpress" yang ada pada htdocs dengan nama "mtk" agar sama dengan nama database yang sudah kita buat.
7. Buka kembali browser kita dan tuliskan pada address bar : http://localhost/mtk/ maka akan muncul konfigurasi untuk install pertama kali. Klik "Create a Configuration file" lalu "Lets Go"

8. Kita isi database sama dengan yang sudah kita buat. Database Name : mtk ; User Name : root ; Pasword : kosongi ; Database Host : localhost ; Table Perfix : wp_ lalu klik tombol Submit
 9. Kita isikan Judul Website (Site Title), Username, Password, Email. Kemudian Klik "Install Wordpress"

10. Kemudian klik tombol "Run The Install"
11. Apabila berhasil maka akan muncul kotak dialog seperti gambar berikut :
12. Selesai. Langkah selanjutnya kita bisa login ke halaman admin wordpress kita dengan address : http://localhost/mtk/wp-admin dan masukkan user name : Admin dengan Pasword yang sudah kita masukkan sebelumnya.

1 komentar

aliainun said...

wahhhh bermanfaat bangett tutorialnya
matur suwun mas
step by step sudah ku lalui

Silahkan Beri Komentar Saudara...

Artikel Terbaru

Artikel Acak

Powered by: Blogger

Buku Tamu