Internet menjadi hal yang sudah bukan asing lagi di era modern ini. Di dalam perusahaan negeri maupun swasta, saat ini tidak bisa dilepaskan dari jaringan internet untuk memenuhi kebutuhan informasi maupun promosi demi profit dan citra yang baik dimata konsumen maupun calon konsumen. Dan salah satu fitur yang bisa dipakai melalui jaringan internet yaitu search engine.
Salah satu profesi dalam suatu perusahaan yang bisa memanfaatkan fasilitas search engine yaitu humas (public relation). Melalui search engine,
seorang humas dapat dengan mudah mencari informasi-informasi terkait
kebutuhan perusahaan seperti berita-berita yang ada hubungannya dengan
perusahaan dimana seorang humas bekerja, serta membantu perusahaan dalam
mempromosikan produk maupun jasa yang disampaikan melalui blog ataupun
website perusahaan yang kedepannya akan diakses oleh konsumen dan calon
konsumen melalui search engine.
Ada banyak situs search engine
yang dapat diakses, namun yang lebih dikenal dan biasa digunakan oleh
pengguna internet adalah situs Google dan Yahoo. Kedua situs tersebut
memiliki kelebihan dibanding situs lainnya, karena memiliki fasilitas
yang menarik dan memang bermanfaat bagi seorang humas seperti email,
news, map, translette dan banyak lagi manfaat lainnya yang dapat
memudahkan humas melakukan interaksi dengan konsumen baik secara
langsung maupun tertunda (contoh: email & ym) sehingga pengguna
internet lebih memilih kedua situs tersebut.
Dari kedua situs tersebut, google memang lebih diunggulkan jika
berkaitan dengan pencarian informasi mengenai perusahaan. Humas yang
salah satu fungsinya mempromosikan dan membentuk citra perusahaan, dapat
diuntungkan dengan adanya fasilitas di google. Beberapa keuntungannya
yaitu :
- Mudah digunakan untuk ajang promosi
- Biaya mengakses relatif lebih murah dibanding secara langsung
- Jangkauan bagi konsumen lebih luas dan tak terbatas
- Dapat berinovasi untuk menjadi posisi teratas dalam search engine
- Promosi yang digunakan tidak hanya visual, tapi audio pun dapat digunakan.
1 komentar
Artikelnya bagus sob, tapi sayang topik tentang Optimasi PR tidak tersentuh.
Silahkan Beri Komentar Saudara...