Selamat membaca
Efektifkah Cara Googling Anda ?
semoga bermanfaat
Blog ini rifro dedikasikan untuk temen-temen yang sedang mencari Tutorial, Tips dan Info-info seputar Teknologi Terbaru. IT Perkantoran dan umum juga menjadi fokus blog ruumit.
Seluruh artikel yang ada silahkan anda copy dan bagikan, namun jangan lupa tetap menjaga kode etik untuk mencantumkan sumbernya.

Efektifkah Cara Googling Anda ?

Istilah Googling banyak dipakai ketika seseorang menyebut Browsing atau surfing melalui Browser Internet dan menggunakan layanan mesing pencari (search engine) Google. Mungkin banyak dari kita yang lebih sering menggunakan Google dibandingkan mesin pencari yang lain seperti Yahoo, Facemoods, Bing , Ecosia atau yang lainnya, yang pada dasarnya cara sebuah search engine itu bekerja adalah sama.. Akan tetapi sejauh mana kita memanfaatkan fitur-fitur atau menu-menu yang terdapat dalam Google untuk lebih memepercepat proses pencarian. Masih banyak dari kita mungkin sekedar ketik kata kunci lalu lihat hasilnya, jika tidak ada dalam 10 Besar pencarian alias halaman pertama, maka langsung kita menghakimi diri sendiri bahwa kata kunci pencarian kita atau apa yang kita cari tidak ada.
Tentu saja anggapan seperti ini salah Besar. Nah, berikut ini penulis mencoba sedikit mengurai atau berbagi tips agar proses Googling kita lebih efektf dan cepat menemukan apa yang kita harapkan. Namun lebih lengkap lagi jika temen-temen baca juga tips mengenai Teknik Pencarian Super Cepat Dengan Search Engine pada posting sebelumnya.
1. Kata Kunci, janganlah kita menyerah hanya dengan melakukan pencarian menggunakan satu atau dua kata kunci. Cobalah lebih berkreasi dengan kata kunci, buat kemungkinan-kemungkinan, atau kalimat yang terdiri dari 2 hingga 3 kata kunci. Jika perlu berupa kalimat pertanyaan.
2. Top Ten, 10 Besar, yaitu hasil pencarian engan kata kunci yang diberikan dan masuk daftar halaman pertama. inilah 10 Besar artikel atau website yang menduduki rangking 10 besar. Apabila di halaman pertama ini tidak ada berkaitan apa yang kita cari, maka kita bisa meng-Klik halaman selanjutnya, 2, 3 dan seterusnya. Karena bisa jadi Topik yang kita cari belum banyak yang meng-klik dan masih menduduki rangking kesekian puluh, atau kesekian ratus dari Rangking Google.
3.Fitur-fitur Google, fitur atau menu-menu yang ada pada google mungkin belum terpakai secara maksimal oleh kita. Coba lebih sering gunakan menu-menu yang ada, karena bahasa yang digunakan juga bahasa Indonesia maka akan mudah kita fahami fungsi dan kegunaannya.
  • Tipe Pencarian. Apa saja yang ingin kita cari apabila menggunakan jenis/tipe yang tepat insyaAllah akan lebih cepat ditemukan. Macam-macanya seperti bisa dilihat pada hambar berikut :
  •  Fitur atau Layanan yang disediakan Google sudah sangat banyak dan beragam. Ini dibuat tidak lain untuk memenuhi kebutuhan setiap user yang menggunakan Google. Maaf Google+ tidak dibahas disini.
  • Lebih spesifik dalam pencarian / penelusuran.

 Dari gambar diatas bisa kita fahami dan kita bisa lebih manfaatkan menu-menu tersebut. Karena bisa jadi selama ini menu-menu yang ada tersebut kurang kita perhatikan. Namun jika bisa kita manfaatkan hasilnya juga lebih memuaskan untuk temen-temen.
Contoh : Misalkan kita akan mencari sebuah artikel yang berkaitan dengan Hukum. Maka kita ketikkan "Hukum" pada kolom pencarian.
Lalu Jenis Hukum apa yang akan kita cari (Menu 1), apakah dalam website, gambar, berita, buku, blog, atau diskusi masalh hukum, temen-temen bisa klik yang sesuai tujuan.
Kemudian Lokasi (menu 2), ini juga akan lebih tepat dan efektif jika kita pilih lokasi yang dimaksud.
Halaman Web (menu 3), apakah yang kita cari berasal dari Laman Indonesia atau Luar negeri maka pilihan ini juga harus temen-temen tentukan.
Waktu (menu 4), merupakan artikel atau kata kunci hukum yang kita cari sudah diindex oleh google dalam waktu berapa lama (update). Kalau tipe pencarian kita berupa berita, maka tentu saja kita pilih waktu sejam terakhir atau 24 jam terakhir. Dimaksudkan agar berita yang kita baca adalah berita yang baru diupdate oleh penyedia berita / artikel.

Demikian sedikit tips untuk mengoptimalkan dan mengefektifkan cara memakai google sebagai mesin pencari favorit kita. Semoga bermanfaat dan apabila ada kekurangan mohon ditambahi, jika ada kesalahan bisalah temen-temen luruskan.

0 komentar

Silahkan Beri Komentar Saudara...

Artikel Terbaru

Artikel Acak

Powered by: Blogger

Buku Tamu