Selamat membaca
Tutorial Joomla : Menyamakan Tampilan Modul User1 dengan Sidebar1
semoga bermanfaat
Blog ini rifro dedikasikan untuk temen-temen yang sedang mencari Tutorial, Tips dan Info-info seputar Teknologi Terbaru. IT Perkantoran dan umum juga menjadi fokus blog ruumit.
Seluruh artikel yang ada silahkan anda copy dan bagikan, namun jangan lupa tetap menjaga kode etik untuk mencantumkan sumbernya.

Tutorial Joomla : Menyamakan Tampilan Modul User1 dengan Sidebar1

Apa kabarnya temen-temen ? semoga masih selalu dalam kelimpahan Rahmat dan Nikmat_Nya. Kali ini penulis mencoba membagi pengalaman yang pernah penulis lakukan berkaitan dengan tampilan Modul pada website berbasis Joomla. Khususnya tampilan pada website PA Magelang tentang Menu Fokus Peradilan (modul User1). Yaitu berkaitan dengan tampilan yang apabila modul user1 diaktifkan (enable) maka akan secara default tampil seperti pada tampilan artikel (warna dan typenya). Oleh karena itu agar tampilan modul user1 dan user2 persis atau serupa dengan tampilan yang ada pada modul sidebar baik sebelah kiri (left) atau sebelah kanan (right), maka kita perlu sedikit melakukan perubahan pada Script yang berada pada html template aktif (default). Kurang lebih seperti yang nampak pada gambar dibawah ini.
Dengan tidak mengurangi kenyamanan temen-temen yang menyimak tutorial ini, maka langsung saja berikut langkah-langkah untuk melakukan perubahan tampilan module user1 tersebut :
1. Yang pertama kali tentu saja temen-temen login pada halaman administrator Joomla masing-masing
2. Setelah berhasil login maka langsung saja klik Extensions >> Template Manager

3. Maka selanjutnya temen-temen dihadapkan pada kotak dialog atau menu Template Manager. Di sini pasti ada salah satu Template yang mempunyai bintang (default). Jika ada langsung saja klik nama template tersebut. atau klik lingkaran yang ada didepan nama template kemudian klik Edit.
4. Langsung klik "Edit Html"

5. Untuk selanjutnya muncullah berupa tampilan HTML template kita. Di sini dimohon dengan sangat untuk berhati-hati dalam merubah atau menambah, karena kesalahan satu titik saja bisa kacau tampilan website kita. Sekarang perhatikan gambar berikut ini dulu :
  • Pada baris yang saya block dan lingkari yang pertama merupakan tampilan module yang ada pada posisi sidebar kita. didalam lingkaran ada keterangan "art-block". nah keterangan ini yang nantinya kita samakan dengan keterangan pad modul user1 dan user2.
  • Oya lupa, untuk mencari kalimat tersebut untuk lebih cepatnya temen-temen klik F3 pada keyboard dan ketikkan kata kunci yang akan dicari. Misalnya "user1" atau "sidebar1"
  • Pada baris yang saya block dan lingkari kedua merupakan tampilan atau pengaturan yang ada pada module user1 dan user2. Untuk keterangan dalam lingkaran sebelumnya tertulis "art-article". Nah keterangan art ini yang temen-temen samakan dengan keterangan art pada sidebar. yaitu diganti dengan "art-block". Tapi perlu temen-temen ketahui bahwa beda template terkadang beda juga keterangan art  ini. Yang pasti samakan aja oke.
6. Apabila sudah sama, maka selanjutnya klik tombol "Save" untuk menyimpannya agar perubahan bisa nampak nantinya. Tombol bergambar disket itu tuh yang di atas. Dan selesai. Klik Preview atau Refresh tampilan website temen-temen.

Demikian sedikit pengalaman yang pernah penulis lakukan untuk merubah tampilan module user1 dan user2 tersebut. Apabila ada kesalahan atau kekurangan mohon masukannya. Semoga bermanfaat.

0 komentar

Silahkan Beri Komentar Saudara...

Artikel Terbaru

Artikel Acak

Powered by: Blogger

Buku Tamu