Selamat membaca
Tutorial Install One Click Installer SIADPA Plus MSDE2000
semoga bermanfaat
Blog ini rifro dedikasikan untuk temen-temen yang sedang mencari Tutorial, Tips dan Info-info seputar Teknologi Terbaru. IT Perkantoran dan umum juga menjadi fokus blog ruumit.
Seluruh artikel yang ada silahkan anda copy dan bagikan, namun jangan lupa tetap menjaga kode etik untuk mencantumkan sumbernya.

Tutorial Install One Click Installer SIADPA Plus MSDE2000

Sebetulnya lumayan telat posting ini dibuat, namun tidak ada salahnya apabila masih bermanfaat buat temen-temen yang masih bingung cara intall Siadpa Plus.
Atas Kreasi yang sudah lama menjadi program Beliau Bapak Mohammad Roy Irawan untuk menciptakan program siadpa plus dapat diinstall dalam sekali klik langsung terinstall juga SQL Server + Crystal Report Engine. Bravo buat beliau yang sudah meluangkan waktu demi kemajuan dunia Peradilan Agama khususnya SIADPA dan SIADPTA Plus 2011 ini.
Sesuai judulnya One Click Installer Siadpa Plus MSDE2000, maka dengan sekali klik semua program yang diperlukan untuk menjalankan Aplikasi Siadpa Plus akan terinstall di komputer atau laptop temen-temen.
Dan kali ini ruumit sedikit berbagi mengenai proses install khususnya SIADPA Plus + MSDE2003. Karena ada juga file installer yang lain. Akan tetapi sebenarnya tidak jauh berbeda cara penginstallannya pada komputer Server maupun Clien.

Install SIADPA Plus+MSDE2000
Sebelum Install sekedar info ajah nih, Tutorial ini dibuat Bahwa Instalasi dilakukan pada komputer server, OS Win XP SP2. Sebelumnya belum ada Software SQL Server MSDE2000 nya, jadi benar-benar fresh install. Karena ada installer yang khusus untuk sekedar Update SIADPA Plus saja.

Kenapa MSDE2000 ? ya pertanyaan bagus. Karena SQL Server type ini mampu berjalan di semua jenis Operating System dan mudah cara konfigurasinya. Kalau tidak salah... hehe
Langsung saja berikut ini langkah-langkahnya :
1. Temen-temen Download dulu file One Click Installer SIADPA Plus yang sudah disediakan Juragan Siadpa Plus kita di sini di pilih saja sesuai kebutuhan. Ups Semua juga boleh didownload ya...
2. Setelah file berhasil diunduh langsung eksekusi dengan double klik file installer yang ada.
3.Maka akan muncul kotak dialog persyaratan instalasi Siadpa berupa Microsoft SQL Server MSDE200 SP3a. Klik saja tombol Install, dan proses akan berlangsung

4. Apabila telah selesai instalasi maka akan komputer harus dilakukan restart. Klik saja Yes

5. Setelah Restart maka akan muncul pertanyaan komputer akan memulai proses instalasi Siadpa Plus seperti berikut ini, dan temen-temen klik selanjutnya

6. Kemudian tentukan Lokasi Instalasi. Di sini rifro letakkan pada Drive D:\ dengan cara klik tombol Ubah. Dan kemudian klik Selanjutnya

7. Langkah selanjutnya adalah kita tentukan beberapa pengaturan, meliputi Database Server (karena diinstal pada PC Server maka pilihanya "local"); ID dan Pasword (sa dan peradilan); Nama Database : SiadpaWin. Lalu klik tombol Selanjutnya

8. Klik Install

9. Maka proses instalasi Siadpa Plus akan berjalan

10. Setelah proses instal selesai akan muncul kotak dialog seperti gambar di bawah ini. Jika akn langsung menjalankan aplikasi Siadpa maka beri tanda centank pada "Launch Siadpa" dengan cara di klik pada kotak didepannya. dan Klik tombol Selesai

11.Apabila semua prosesberjalan lancar dan berhasil maka akan muncul beberapa shortcut  aplikasi Siadpa Plus pada Desktop, dan Pada Start Menu.





Launcing Siadpa Plus Pertama Kali
Aapabila proses berjalan lancar maka untuk pertama kali dalam menjalankan program Siadpa akan muncul kotak dialog untuk menentukan nama satker temen-temen semua. Maka pilih saja yang sesuai dan kemudian klik tombol OK. Dan Siadpa sudah bisa berjalan seperti biasa.

Demikian semoga bermanfaat. Oya masih ada lagi, apabila cara instalasi ini dilakukan maka akan didapati pada aplikasi SETTING hanya terdapat 4 user. Yaitu admin, badilag, badilag dan Supervisor. Selain itu untuk Aplikasi Jadwal Sidang juga belum tersedia. Temen-temen bisa copy dari file yang sudah ada dan letakkan di dalam direktori Siadpa tersebut.
DOC yang ada setelah instalasi ini juga merupakan blangko-blangko yang telah dilakukan penyesuaian-penyesuaian oleh Timnas Siadpa. Jadi apabila di siadpa yang lama temen-temen telah banyak membuat dan merubah master blangko-blangko dokumen, maka silahkan di masukkan saja ke dalam direktori DOC ini.

Oleh karena itu langkah selanjutnya temen-temen melakukan Restore database Siadpa yang pernah temen-temen Backup. Dan Tutorial atau panduan Restore maupun Backup database Siadpawin dapat temen-temen simak di lain postingan.
Di awal sudah penulis sampaikan, bahwa ada cara lain yang bisa dilakukan untuk memasang Aplikasi Siadpa Plus ini, yaitu dengan sekedar kita Update Aplikasi-aplikasi yang sudah tersedia pada link download One Click Installer  SIADPA di atas. Mengenai panduan cara Update Siadpa dapat temen-temen baca pada postingan selanjutnya.

2 komentar

Muhammad Al-Agani said...

Installer SIADPA Plus MSDE2000 gamau jalan di win7...mohon pencerahannya..thank

Arif Roby said...

kalau win7 silahkan pakai installer yang SQL EXPRESS jangan MSDE2000. trima kasih

Silahkan Beri Komentar Saudara...

Artikel Terbaru

Artikel Acak

Powered by: Blogger

Buku Tamu