Selamat membaca
Tutorial Merubah dan Membuat Teks Melengkung Dengan Corel Draw
semoga bermanfaat
Blog ini rifro dedikasikan untuk temen-temen yang sedang mencari Tutorial, Tips dan Info-info seputar Teknologi Terbaru. IT Perkantoran dan umum juga menjadi fokus blog ruumit.
Seluruh artikel yang ada silahkan anda copy dan bagikan, namun jangan lupa tetap menjaga kode etik untuk mencantumkan sumbernya.

Tutorial Merubah dan Membuat Teks Melengkung Dengan Corel Draw

Tutorial ini berguna bagi temen-temen yang ingin merubah tulisan atau teks yang ada dalam file corel draw. Sebagai contoh adalah untuk merubah nama satker pada Logo Pengadilan Agama yang temen-temen download pada artikel sebelumnya.
Setelah temen-temen download logo PA atau PTA yang berupa file CDR (corel Draw), selanjutnya ikuti langkah-langkah berikut ini :
1. Buka file cdr menggunakan Aplikasi Corel Draw X4 atau di atasnya
2. Silahkan klik pada gambar kemudian ungroup all
3. Setelah semua objek terpisah (ungrup) maka selanjutnya klik pada tulisan yang akan dirubah.
terlihat yang terseleksi hanya pada tulisanya. Kemudian hapus saja, menggunakan tombol Delete pada keyboard. Tulisan akan hilang. Tidak usah kuatir nanti kita buat lagi.

4. Langkah selanjutnya kita gunakan Polyline-tool untuk membuat garis seperti gambar dibawah ini. yaitu klik pada sisi kiri, kemudian tarik hingga sisi kanan dan akhiri dengan Double Klik.

5. Setelah membuat garis kemudian kita buat garis melengkung sesuai desain, dengan cara klik Shape Toll, kemudian klik ujung garis yang sebelah kanan, maka akan muncul tanda mata panah pada garis.

6. Kemudian klikConvert Line To Curve
7. Tariklah kedua tanda panah yang muncul dari ujung-ujung garis hingga sesuai Desain.
8. Apabila kita sudah membuat garis untuk tempat teksnya , maka selanjutnya kita ketik Teksnya. Dengan cara klik Text Tool. Kemudian klik disembarang tempat dan ketiklah teks temn-temen.

9. Aturlah type text dan besarnya, dikira-kira panjangnya sesuai Desain yang ada.

10. Setelah teks sudah ada, langkah selanjutnya kita masukkan teks tersebut ke dalam garis yang tadi kita buat, Dengan cara klik Text >> Fit Text To Path. Dan pastikan sebelumnya teks sudah kita pilih / diklik.

11. Arahkan teks kedalam garis lengkung yang tadi dibuat, maka hasilnya seperti ini.
12. Selanjutnya kita hapus garis lengkung yang masih ada. dengan cara kita klik pada Shape Tool kemudian klik pada garis / ujung garis (ingat.. hanya garis, tidak dengan teksnya). Kemudian Klik Pick Tool. Maka akan muncul kotak-kotak hitam kecil (selected untuk garis). Lalu Tekanlah tombol Delete pada keyboard, garis akan hilang.
13. Langkah selanjutnya adalah kita berikan pewarnaan pada teks dengan menekan pilihan Warna pada sidebar sebelah kanan.

14. Sampai di sini temen-temen sudah berhasil merubah teks pada desain. Dan untuk selanjutnya kita export gambar desain logo PA atau PTA temen-temen ke dalam format JPG maupun PNG.

2 komentar

Kulit Manggis said...

terimakasih gan infirmasinya sangat bermanfaat untu dan pibadi
salam kenal saja

Obat Kuat Herbal Alami said...

Terima kasih anda telah memberikan kesempatan untuk berkomentar. Artikel anda sangat bagus. Semoga bermanfaat untuk semua

Silahkan Beri Komentar Saudara...

Artikel Terbaru

Artikel Acak

Powered by: Blogger

Buku Tamu