Selamat membaca
Dasar Action Script Flash (bag.2)
semoga bermanfaat
Blog ini rifro dedikasikan untuk temen-temen yang sedang mencari Tutorial, Tips dan Info-info seputar Teknologi Terbaru. IT Perkantoran dan umum juga menjadi fokus blog ruumit.
Seluruh artikel yang ada silahkan anda copy dan bagikan, namun jangan lupa tetap menjaga kode etik untuk mencantumkan sumbernya.

Dasar Action Script Flash (bag.2)

Berikut ini merupakan dasar-dasar perintah action script di dalam aplikasi Flash. Dan pada kesempatan ini kami menggunakan versi Flash CS3.
Seperti kita ketahui sebelumnya pada postingan Mengenal Action Script (bag.1) bahwa action script adalah suatu perintah yang menghasilkan suatu aksi atau gerakan pada objek. Perintah Action Script digunakan untuk membuat animasi yang lebih komplek dan interaktif.
Apa saja bagian-bagian perintah Action Script ? Silahkan disimak...

A. PROPERTIES
Kode script berikut ini digunakan untuk mengatur properties dasar dari sebuah objek seperti menampilkan posisi sebuah objek, mengatur posisi objek dan mengatur lebar serta tinggi objek. Untuk mempraktekkannya silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini :
1. Buatlah lembar kerja baru dengan pilihan Flash File (ActionScript 3.0)
Dasar Action Script Flash (bag.2)

2. Buatlah objek kotak pada frame 1 (Layer 1)
3. Atur posisi dan ukuran objek kotak seperti gambar berikut ini.
Dasar Action Script Flash (bag.2)

4. Pilih objek kotak kemudian tekan F8, dan aturlah parameter seperti ini.
Dasar Action Script Flash (bag.2)

5. Kemudian klik objek kotak yang sudah menjadi movie clip, dan berikanlah Instance Name pada movie clip dengan nama "kotak". (perhatikan penulisan besar dan kecil hurufnya)
Dasar Action Script Flash (bag.2)

6. setelah itu silahkan geser movie clip "kotak" ke sembarang tempat, misalnya di sudut kiri atas.
7. selanjutnya klik frame 1 dan tekan tombol F9 pada keyboard, lalu ketikkan kode script berikut ini .
Dasar Action Script Flash (bag.2)

8. Jalankan animasi dan perhatikan hasilnya. Dari kode script tersebut akan dihasilkan output posisi sumbu x dan y dari movie clip "kotak".
Dasar Action Script Flash (bag.2)

Namun apabila ada keterangan error syntax maka cek kembali penulisan kode scriptnya, besar kecil huruf sangat berpengaruh.
9. Langkah selanjutnya silahkan ubah kode script menjadi seperti ini.
Dasar Action Script Flash (bag.2)

10. Jalankan animasinya dan perhatikan hasilnya. Kode script tersebut digunakan untuk menentukan posisi sumbu x dan y serta mengatur lebar (width) dan tinggi (height) movie clip "kotak".

Demikianlah bebarapa hal dasar action script dalam Properties sebuah objek. Dan silahkan baca artikel selanjutnya mengenai dasar-dasar action script flash (bag.3) yang akan membahas tentang Method, Event, Syntax dan lainnya

semoga bermanfaat

0 komentar

Silahkan Beri Komentar Saudara...

Artikel Terbaru

Artikel Acak

Powered by: Blogger

Buku Tamu