Selamat membaca
Error Ketika Restore Database Siadpa Plus (satu)
semoga bermanfaat
Blog ini rifro dedikasikan untuk temen-temen yang sedang mencari Tutorial, Tips dan Info-info seputar Teknologi Terbaru. IT Perkantoran dan umum juga menjadi fokus blog ruumit.
Seluruh artikel yang ada silahkan anda copy dan bagikan, namun jangan lupa tetap menjaga kode etik untuk mencantumkan sumbernya.

Error Ketika Restore Database Siadpa Plus (satu)

Untuk sebagian kita mungkin pernah mengalami kendala ketika ingin me-restore database Siadpa untuk dipasang di Siadpa Plus 2011. Walaupun mungkin telah mengikuti petunjuk atau tutorial cara backup dan Restore Database Siadpa Plus yang pernah saya posting.
Dari berbagai kasus mungkin postingan kali ini saya akan sedikit share mengenai pengalaman kendala atau kesalahan yang sering terjadi ketika me-restore Database.
Oke, Kronologisnya begini, Kita akan memasang / install One Click Installer SIADPA Plus MSDE2000 pada Laptop atau PC kita sendiri (bukan clien). Yaitu agar bisa dibuka di tempat lain tanpa adanya server Siadpa dikantor, misalnya dirumah.

Restore dengan cara Replace Database

1. Pertama-tama kita install One Click Installer Siadpa tersebut. Maka setelah berhasil akan temen-temen temui direktori didalam SIADPA ada Folder Database yang berisi 2 file. yaitu SiadpaWin.sdt dan SiadpaWin_log.ldf. 

2. Ada cara mudah yaitu kita tinggal copy dua file tersebut dari Siadpa Lama yang ada dikantor, dengan cara distop dahulu SQL Server nya, kemudian di Replace ke folder Database yang ada di Siadpa Laptop kita. Nah, di sini ada sedikit kesalahan yang terjadi. Coba temen-temen perhatikan nama file yang akan kita copy kan ke folder database tujuan. yaitu SiadpaWin_Data.sdt dan siadpaWin_log.ldf

3. Apabila kita sekedar copy paste maka di dalam folder Database akan kita temui menjadi 3 buah file. Yang ter-replace hanya file SiadpaWin_log.ldf, sedangkan file SiadpaWin.sdt tidak ter-replace.

4. Apabila hal tersebut terjadi maka ketika Aplikasi Siadpa dibuka akan muncul pesan error seperti ini.

keterangan ini menandakan bahwa Database yang aktif masih database yang Siapda Plus 2011 (fresh) namun file log nya adalah milik database yang lama. Hal ini tentu menimbulkan error karena file SDT dan LDF adalah satu kesatuan yang harus bersama, tidak bisa salah satu diganti dengan file yang lain walau sama namanya.
Kemudian kita punya inisiatif untuk menghapus file SiadpaWin.SDT (bukan yang Data). Maka akan muncul pesan seperti gambar dibawah ini :

"Sepertinya database belum terinstall......." tentu saja, karena database sudah kita hapus, walaupun di folder itu ada Database lama dengan nama SiadpaWin_data.SDT, akan tetapi ini tidak berpengaruh.
Lalu kita berfikir, "databasenya khan bernama SiadpaWin.SDT" kalau begitu kita rename saja namanya, dengan dihapus '_Data' nya. Jika ini temen-temen lakukan maka tetep saja masih muncul pesan error macam ini :

SOLUSI REPLACE DATABASE
1. Apabila temen-temen ingin melakukan cara replace ini maka pertama-tama Stop dahulu MSSQL Server nya, kemudian Delete / Hapus saja file SiadpaWin.SDT dan Siadpa_log.LDF pada folder Database.
2. Kemudian temen-temen copy database lama dan paste kan pada folder tersebut. Tidak usah diganti nama atau melakukan perubahan yang lainnya. Biarkan sama dengan aslinya.
3. Jalankan Aplikasi Siadpa Seperti biasa. Lalu perhatikan apa yang terjadi ??? "meminjam ungkapan Mario Teguh nih...." maka anda sudah bisa menebak dan menentukan langkah selanjutnya. Jika masih belum paham silahkan baca kembali tutorial Backup dan Restore Database atau Tutorial Install One Installer Siadpa Plus MSDE2000.

Itu tadi langkah-langkah yang terjadi yang kita lakukan ketika melakukan Replace Database Siadpa Plus. Selain Cara diatas, ada cara yang memang dianjurkan oleh Aplikasi Siadpa yaitu melalui DATABASE Tool . Akan tetapi ada lagi Error yang terjadi ketika kita melakukan Restore melalui Database Tool, silahkan disimak ya.

0 komentar

Silahkan Beri Komentar Saudara...

Artikel Terbaru

Artikel Acak

Powered by: Blogger

Buku Tamu