Selamat membaca
Menambah Limit Maximum Koneksi Windows XP
semoga bermanfaat
Blog ini rifro dedikasikan untuk temen-temen yang sedang mencari Tutorial, Tips dan Info-info seputar Teknologi Terbaru. IT Perkantoran dan umum juga menjadi fokus blog ruumit.
Seluruh artikel yang ada silahkan anda copy dan bagikan, namun jangan lupa tetap menjaga kode etik untuk mencantumkan sumbernya.

Menambah Limit Maximum Koneksi Windows XP

Pada postingan yang lalu saya pernah menjelaskan mengenai Kelebihan dan kekurangan windows XP dan Windows 7 sebagai server Siadpa, Namun karena ternyata ketika kita menggunakan OS windows server 2003 dan 2008 pun masih ditemui beberapa kendala mengenai koneksi ini. Jika memakai OS Windows 2000 mengenai limit / batas maximum koneksi sudah tidak ada masalah, karena sudah bisa semaksimal kita seTting, akan tetapi hal ini muncul juga ketika menggunakan windows server 2003 dan 2008. Sebenarnya ada sih cara mengaturnya. Akan tetapi, ketika hal itu kita lakukan pun masih terkendala dengan Program Antivirus yang cocok dipasangkan pada komputer server.

Nah, postingan kali ini saya mencoba membuka lembaran yang dahulu pernah saya lakukan semasa masih menggunakan windows XP sebagai server siadpa, dan mungkin nanti juga akan saya gunakan kembali (hehe). Mana yang terbaik dan termudah itu yang kita aplikasikan, oke ! setuju gak ?

Windows XP sebagai server siadpa pada awalnya memang terkendala mengenai batas maksimum koneksi yang hanya (default) ada 10 client yang bisa terhubung. Muncul pesan "No more connections can be made to this remote computer at this time because there are already as many connections as the computer can accept." Segala bentuk koneksi baik itu sharing file/folder, printer, dll yang tidak ada aktivitasnya dalam waktu tertentu akan diputuskan oleh sistem. Dan defaultnya autodisconect ini selama 15 menit. Baru ketika ada salah satu dari 10 client yang koneksinya terputus maka salah satu komputer yang tadinya tidak konek menjadi konek atau terhubung ke server. Dan alternatif lainnya kita sering merestart komputer server agar koneksi menjadi kosong dan komputer yang seharusnya terkoneksi dihubungkan terlebih dahulu (siapa cepat dia dapat). Sungguh suatu keadaan yang tidak nyaman bagi kita yang memiliki LAN lebih dari 10 PC client.

Baiklah, untuk menambah atau merubah default limit connections 10 maka kita memerlukan program yang bernama Intelligent TCPIP.SYS Patcher. Fungsi patcher ini akan merubah limit yang tadinya 10 menjadi 50. Wah lumayan khan....
Langkah-langkahnya adalah :
1. Silahkan download terlebih dahulu TCPIP Patcher hanya 38 kb
2. Setelah didownload kemudian extraklah file tersebut
3. Jalankan file PatchTCPIP.exe

4. Ada pertanyaan yang muncul di kalimat terakhir jawab saja dengan Y
apabila muncul pesan dari windows maka klik saja cancel (tanda close "X") lalu tekan Yes 


5. Tunggu sampai proses selesai dan klik sembarang tombol untuk keluar
6. Kemudian Restartlah komputer temen-temen.
7. Dan untuk mengetahui berhasil atau tidaknya proses patch ini, silahkan jalankan kembali file PatchTCPIP.exe dan lihatlah pada bagian current maximum concurrent half-open connection : 50

demikian tutorial ini semoga berguna bagi temen-temen yang masih menggunakan Windows XP sebagai OS PC server Aplikasi Siadpa maupun aplikasi yang lainnya. Selanjutnya silahkan simak bagaimana cara mengatur Permitting Network Acces Without a Pasword pada windows xp agar mudah diakses oleh client.

1 komentar

Anonymous said...

wkwkwkwkwkwk

Silahkan Beri Komentar Saudara...

Artikel Terbaru

Artikel Acak

Powered by: Blogger

Buku Tamu